Kamis, 23 Mei 2019

Hallo Educa...
Masih tentang tes CPNS setelah tulisan saya yang ini Pengalaman Lolos CPNS Tahap SKD dan ini Pengalaman Lolos CPNS Tahap SKB.

Beberapa waktu lalu saya sempat sedikit menyesal karena mengabaikan saran dari teman saya untuk tidak buru-buru resign dari pekerjaan yang lama, karena ternyata SK nya turunnya lamaaaaaa bangetttt. Langsung saja ya ini saya berikan sedikit tips supaya teman-teman tidak menyesal pada masa transisi.

1. Jangan Buru-Buru Resign

Tidak lama setelah dinyatakan lolos CPNS, saya sempat disarankan oleh teman saya untuk tidak buru-buru resign. Berdasarkan pengalamannya, dia menunggu keluarnya SK sampai 3 bulan lebih. Padahal sudah terlanjur resign dari pekerjaan yang lama. Alhasil selama 3 bulan tersebut teman saya itu tidak mendapatkan pemasukan sama sekali.

Ada lagi teman saya yang satu lagi, beliau menyarankan supaya saya segera resign saja, karena toh juga akhirnya ketrima. Jadi waktu selama proses transisi digunakan untuk persiapan perpindahan dan lain sebagainya.

Dannnn... Setalah saya merasakan sendiri, saya mengambil kesimpulan dan menyarankan kepada teman-teman setelah dinyatakan lolos CPNS, jangan buru-buru untuk resign. Saya memiliki pendapat sendiri tentang hal ini. Pada masa transisi memang wajar bagi kita untuk tidak mendapatkan gaji selama 1 bulan lah paling tidak. Jangan sampai lebih dari itu. Karena proses transisi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi yang tempat tinggalnya jauh dari tempat CPNS nya.

Pengalaman saya kemarin, pengumuman akhir CPNS ada di Bulan Januari. Bulan Januari itu pula segera diminta untuk pemberkasan. Prediksi awal, SK CPNS (atau mulai kerjanya) sekitar bulan Maret-April. Okelah, akhirnya saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya yg lama pada per Maret. Dan ternyata apa teman-teman, hingga Bulan April kabar tentang SK belum juga ada. Memang ada beberapa kali dipanggil untuk pembekalan. Itupun juga hanya berlangsung 1 hari saja dan diminta untuk pulang lagi. Sampai kondisi terakhir saya saat ini (Mei 2019), SK belum juga dibagikan. Tetapi untuk mulai dinasnya sudah ditentukan pada 10 Juni. Memang untuk proses yang panjang ini kami sangat memahami, karena dari atas juga sudah berusaha dengan maksimal. Antisipasi tetap harus datang dari kita pribadi. Alhasil dengan kejadian ini saya tidak kebagian THR karena SPMT nya lebih dari 24 Mei (sudah ditentukan). Hahaha alhamdulillah... Disyukuri saja.

2. Tempat Tinggal

Hal kedua yang membuat galau adalah masalah tempat tinggal. Rata-rata CPNS baru lebih memilih untuk ngekos, hanya untuk seorang saja. Karena memboyong keluarga ke tempat baru sekali lagi selalu tidak mudah, harus dilakukan secara bertahap. Mencari tempat kos sih lebih baiknya memang mencari yang per bulan dulu saja, buat jaga-jaga kalau tidak cocok. Berkaitan dengan point 1, inilah pentingnya untuk tidak buru-buru resign. Jika ternyata keluarnya SK masih lama, alamat kalian hanya membayari tempat kos tanpa ditinggali selama beberapa bulan. Dengan "tidak buru-buru resign" maka kalian masih punya pundi-pundi yang bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti ini.

3. Mempersiapkan E-KTP, KK, Rekening BRI, dan NPWP

Saya baru tahu, ternyata gaji PNS itu dibayarnya di awal bulan ya, hehehe maklum saya bukan dari keturunan PNS. Nah dokumen-dokumen seperti e-KTP, KK, Rekening BRI, dan NPWP lebih baik dipersiapkan jauh-jauh hari untuk memudahkan. Sehingga ketika nanti diminta untuk mengumpulkan untuk sistem penggajian kalian tidak kelabakan lagi.

Untuk KK sebaiknya menggunakan yang paling baru. Jaman saya kasus yang sering terjadi itu adalah pada masih belum mengurus KK baru. Padahal sudah menikahnya sudah lebih dari 1 tahun, nah ini yang harus segera pisah, karena nanti akan berkaitan dengan pembayaran tunjangan keluarga. Oiya, dan persiapkan juga akte kelahiran anak ya, ini juga dibutuhkan saat pemberkasan sistem penggajian ini.

Itu ya gaes apa yang bisa saya share hari ini.
Semoga bermanfaat ^_^





2 komentar:

  1. Menarik sekali cara penyampaian cerita kepada pembaca, tidak ribet dan sangat mudah masuk kedalam cerita bagi pembaca, saya baca dari part awal sampai part akhir nih mba hehehe..
    Oh iya saya mau tentang pemberkasan, apa saja yg harus dipersiapkan hehe..
    Untuk menyempurnakan cerita dari part awal kasih tau sekalian pemeberkasannya apa saja mba (saran aja sih) kkwkwkw...

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas sharenya Mbak. sangat bermanfaat

    BalasHapus

Silakan meninggalkan komentar

Categories EDUCA

Statistics

Ratna Educa. Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tentang Penulis

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang yang suka belajar banyak hal, terutama tentang manusia dan kehidupannya. Karena setiap manusia itu memiliki keunikan dengan segala keterbatasannya. Dari situ kita bisa saling mengambil pelajaran, dan menghargai perbedaan.

Popular Posts