Kamis, 24 Mei 2018

Hallo Educa...

Pengalaman keguguran saya ini terjadi sudah sekitar setahun yang lalu. Alhamdulillah sekarang saya sudah dikaruniai seorang anak yang berumur 2 bulan. Iya, lagi lucu-lucunya, hehe. Jadi jangan asal percaya kalo ada orang yang bilang kalo keguguran harus kuret, kalo nggak kuret nanti susah punya anaknya. Sebenarnya sih semuanya tergantung kondisi masing-masing yaaa. Setiap keputusan yang kita ambil pasti ada alasan dan resikonya.

Kenapa bisa keguguran?
Berapa bulan usia kandungan ketika keguguran?
For your information, bagi kalian calon ibu yang ada di luar sana, sangat penting bagi kalian untuk mengetahui siklus menstruasi kalian setiap bulannya. Karena ini akan mempermudah dalam perhitungan masa subur dan tanggal berapa mens bulan berikutnya. Saya sendiri membangun kebiasaan mencatat tanggal menstruasi sejak baru lulus S1, hehehe, nggak ada yang terlambat kan ya.

Kalo saya, setiap bulannya, menstruasi saya maju 5 atau 7 hari. Nah inilah mengapa ketika pada tanggal-tanggal itu saya belum menstruasi berati ada indikasi bahwa saya sedang hamil. Nah benar saja. Waktu itu saya sudah telat 2 hari, belum tahu kalo sedang hamil. Kondisi perut rasanya aneh, seperti lagi nyeri haid. Saya kira tamu bulanan itu akan segera datang. Biasanya gitu kan, kalo mau mens kan cewek suka nyeri-nyeri perut gitu. Saat itu bertepatan di kampus lagi ada acara jalan sehat, saya ikut jalan juga donk, biar sehat, biar gak nyeri-nyeri perut lagi, biar mensnya lancar.

Sesampainya di rumah sore harinya saya benar-benar mens. Biasanya kalo saya mens hari pertama itu langsung banyak dan berwarna merah. Nah mens saya yang kali ini aneh, selama 2 hari berturut-turut mens-nya sedikit dan berwarna coklat seperti mens hari ke-5. Kondisi perut sangat melilit. Lalu saya meminta suami saya untuk membelikan tespek. Aneh ya, padahal jelas-jelas mens, dan ada darahnya, masih juga pengen tespek. Disitulah kadang saya merasa aneh.

Beli tespeknya juga jangan yang mahal-mahal. Pada intinya, ketika kita benar-benar sedang hamil, maka tespek yang murah sekalipun tetap bisa membaca hormon hamil tersebut (lupa apa nama hormonnya, mau googling lagi males, hahah). Waktu itu saya pakai tespek yang 9 ribuan, langsung beli 3.

Penggunaan tespek katanya sih paling baik pas pagi hari setelah bangun tidur, dimana hormon hamil itu lagi banyak-banyaknya. Waktu itu saya menggunakannya sore hari sekitar jam 3 sore, udah penasaran bingit maaakkk. Tapi masih tetap bisa kok. Hasilnya benar-benar mengagetkan. Jeng jeng jeng jeng. Si tespek menunjukkan garis keduanya, walaupun masih agak samar-samar tapi jelas. Sayapun bersabar untuk mencoba tes lagi keesokan harinya (inilah fungsinya beli tespek yang banyak sekalian).

Keesokan harinya, hasilnya pun sama saja, tespek menunjukkan 2 garis. Lalu sore harinya saya pergi ke bidan untuk mencari pencerahan. Hati sudah was-was saja, takut terjadi apa-apa, soalnya tiba-tiba perut rasanya melilit luar biasa, sampai badan lemas. Sesampainya di bidan, saya ditolak, what? Saya saat itu dirujuk ke dokter kandungan untuk USG melihat janinnya masih baik-baik saja atau tidak. Pergilah saya ke dokter kandungan. Dalam perjalanan perut saya semakin melilit, sampai saya nangis-nangis, suami yang pada saat itu ngantar sampai kasihan. Mana antriannya lama banget.

Tibalah nama saya dipanggil untuk ketemu dengan dokternya. Dokternya oke punya, dokter senior yang lumayan terkenal di Kota Bogor, islami, gak pelit ilmu, pokoknya kata-katanya menentramkan. Kadang kalo sama dokter lain bawaannya suka promosi gitu ya, hehe. Saya menceritakan apa yang saya alami ke dokternya. Langsung saya di USG trans V, jadi dimasukkan semacam alat kayak kamera gitu ke lubang vagina kita. Rasanya sedikit sakit. Dari situ ketahuan apa yang terjadi sama rahm kita.

Saat itu di rahim saya terlihat ada kantong janin, tapi janinnya masih belum ada, karena usia kandungan juga masih 2 mingguan. Dari situ saya mulai tanya banyak hal.
Saya: Dok, ini janinnya masih bisa bertahan apa tidak?
Dokter: Ini kan janinnya masih belum kelihatan, masih berupa kantong. Kita lihat perkembangannya 2 minggu lagi janinnya berkembang atau tidak.
Saya: kira-kira berkembang apa tidak dok?
Dokter: Kalo melihat dari pendarahannya bisa jadi akan terjadi keguguran, kita lihat saja nanti kalo masih mens terus sampai beberapa hari kemungkinan janinnya tidak akan berkembang.
Saya: Kalo keguguran berati harus kuret ya dok?
Dokter: Kalo usia kandungan masih awal gini sih nggak perlu kuret, pakai obat saja sudah cukup. nanti kita lihat 2 minggu lagi. Saya tidak kasi penguat kandungan ya. Kalo memang benar keguguran biar saja keluar secara alami.

Kemudian saya diberi obat blodstop (kalo gak salah), kemungkinan ini obat untuk meredakan pendarahan. Tapi sampai obatnya habis, pendarahan saya tak juga berhenti.

2 minggu kemudian saya ke rumah sakit lagi, tapi sayang saya tidak menemukan dokter idola yang pertama tadi. akhirnya hrus menerima dengan dokter yang lainnya. Setelah saya menceritakan apa yang saya alami, oleh dokterya saya disuruh kuret. Jediaaarrrr. Langsung shock sayanya. Membayangkan kata-kata kuret saja perut saya langsung sakit. Akhirnya saya minta untuk pulang dulu saja, dan diresepkan obat.

Mengapa tidak kuret?
Saya berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang keguguran dan pengobatannya. Saya memutuskan untuk tidak mengambil jalan kuret. Jaman sekarang, dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran maka mudah saja bagi kita untuk memilih jalan kuret. Lalu bagaimana dengan orang-orang jaman dahulu? bahkan mereka memiliki anak sampai 10 orang. Sudah pasti mereka kenyang dengan prahara masalah rahim. Mungkin saat itu kuret masih barang langka. Dan mereka baik-baik saja. Itulah yang akhirnya mendorong saya untuk membuat terapi untuk diri saya sendiri.

Setiap hari saya mengkonsumsi kunyit asam, sehari 2 gelas belimbing, pagi segelas sore segelas. Kunyit asamnya ini pun saya buat sendiri. Saya bikinnya langsung untuk 2 hari. Kunyit asam berfungsi sebagai obat luka atau infeksi. Googling sendiri deh untuk lebih jelasnya. Yang pasti, kunyit asam dapat mencegah infeksi pada rahim dan membantu melancarkan haid. Sesekali saya juga mengkonsumsi air kelapa hijau.

Berapa lama pendarahannya?
Pada dasarnya keguguran itu seperti orang nifas. Pendarahan bisa terjadi 40 hari, atau bahkan lebih, tergantung kondisi tubuh masing-masing orang. Pas awal-awal pendarahan seperti mens hari ke-3, jadi tidak terlalu banyak gitu, ini terjadi selama sebulan. Sudah was-was saja sayanya, takut darah ini nggak berhenti. Setelah memasuki bulan kedua, darah yang keluar seperti mens hari ke-5, sedikit-sedikit dan berwarna coklat, itupun juga terjadi selama sebulan. Total pendarahan yang terjadi sama saya adalah 2 bulan, pas banget 2 bulan.

Saya berkeyakinan, apa yang saya alami ini akan menunjukkan kesembuhan ketika siklus menstruasi saya kembali ke jadwak semula. Dan alhamdulillah sebulan kemudian saya mens, sebulan kemudiannya lagi sudah kelihatan siklus mens saya kembali ke jadwal semula, maju 5 sampai 7 hari. Sekali lagi, penting bagi kita untuk selalu mencatat tanggal kapan kita menstruasi.

Melalui pengalaman itu, bagi saya, sangatlah penting menjaga aktivitas kita jika ingin segera hamil. Setelahnya pun saya mulai menjaga aktivitas saya, jalan pelan-pelan, naik tangga juga pelan-pelan. Dan alhamdulillahnya lagi, sebulan kemudian saya sudah hamil lagi. Yiiipiiieee...

Sekali lagi, semua tergantung kondisi masing-masing ya. Di sini saya hanya bercerita bahwa pilihan untuk tidak kuret pun ternyata ada. Seperti orang-orang jaman dahulu yang menggunakan terapi tanaman. Yang penting kita yakin dengan apa yang kita jalani. Dan jangan lupa untuk selalu mencari informasi sebanyak-banyaknya, karena itulah yang akan memperbesar keyakinan atas apa yang sudah kita pilih.

Semoga bermanfaat ya guys... :D




51 komentar:

  1. dulu sekitar thn 1996 tetangga saya kalau hamil sering pergi ke lain provinsi pwkto - bndng, krna suami nya merantau, shg keguguran 3x, tp anehnya saya yg dituduh nyantet janinnya.. dia nyebarin fitnah kpda para tetangga shg mrka benci dg saya sampai skrng..

    BalasHapus
  2. Hi sis salam kenal ya... sy baru saja membaca pengalaman siz kebetulan sy juga mengalami hal yang sama keguguran disaat saya 6weeks. hanya saja pasca keguguran sy minum obat yg di kasi dokter utk membersihkan kandungan. Kalk boleh tau, sebhlan setelah sus keguguran sis lsg hamil lg kan ya... selama hamil itu gmn kelanjutan ceritanya sis sampai dengab sis melahirkan apakah semua lancar2 aja? Sy pgn segera lsg hamil setelah ini soalnya... pls sist share pengalamanx. Anyway thanks sudah mau berbagi. 🙏😇🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamilnya ya seperti biasa mbak haha, yang penting jaga saja badan kita supaya tidak terlalu capek.

      Hapus
  3. Hi sis salam kenak ya... saya baru saja baca pengalaman sis soal keguguran. Kebetulan saya jg baru saja mengalami keguguran di minggu ke 6. Tp saya minum obat ug dikasi dokter bkn utk membersihkan kandungan krn kehamulan msh di bwh 10 minggu. Tp yg sy ingin tanyain apakah sebulan kemudian sis lsg hamil lagi ya? Gmn kelanjutan ceritanya sis apa proses kehamulannya berjalan lancar sampai proses melahirkan? Sy jg kepengen lsg hamil lg nih sis. Bantu share lg kelanjutan ceritanya sist. Sangat membantu banged soalnya. Aku tunggu ya... thanks🙏😇🙏

    BalasHapus
  4. Hai bunda, aku titik ,aku br saja keguguran di usia 4minggu ,dan tidak dikuret ,tgl 17 feb saya mengeluarkan darah sprt haid hari 1..sempat rawat inap selama 3hr, dan dinyatakan kandungan baik2 saja ,tp stlh 3hr kontrol ternyata saya keguguran, dan hanya di beri obatobat utk berhentikan darah slama 3hr, tp smpe skrng msh mengeluarkan darah ,yg tdk banyakbanyak.. Saya ga bisa minum jamu atau kunyit asem ,pasti muntah, hanya minum kelapa ijo aja .gmn ya bun apa tdk apa2 ya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau secara medis sy tidak tau bun. Cerita itu hanya sesuai pengalaman saya saja. Jika merasa khawatir bisa konsultasi ke dokter...

      Hapus
  5. Hai bunda, aku titik ,aku br saja keguguran di usia 4minggu ,dan tidak dikuret ,tgl 17 feb saya mengeluarkan darah sprt haid hari 1..sempat rawat inap selama 3hr, dan dinyatakan kandungan baik2 saja ,tp stlh 3hr kontrol ternyata saya keguguran, dan hanya di beri obatobat utk berhentikan darah slama 3hr, tp smpe skrng msh mengeluarkan darah ,yg tdk banyakbanyak.. Saya ga bisa minum jamu atau kunyit asem ,pasti muntah, hanya minum kelapa ijo aja .gmn ya bun apa tdk apa2 ya. .

    BalasHapus
  6. Saya jg habis keguguran mba...uk 6 minggu dan saya juga memillih tidak kuret..makasih mba sudah berbagi pengalaman..

    BalasHapus
  7. Kak mau tanya, kalo boleh tau keguguran di usia kandungan berapa minggu ya?

    BalasHapus
  8. Terimakasih banyak buat sarannya kak 👍
    Pengalaman kakk sama seperti yg aku alami..

    BalasHapus
  9. Mba ratna, boleh minta kontak nya tidak.. Saya seorang moms yang butuh pencerahan

    BalasHapus
  10. Mba ratna, boleh minta kontak nya tidak.. Saya seorang moms yang butuh pencerahan

    BalasHapus
  11. mbak terimakasih infonya sangat membuat

    BalasHapus
  12. Hai mba Ratna 😊
    Saya baca blogger mba dan setuju apa yang mba sampaikan. Saya juga baru keguguran tepatnya tanggal 6 juni kemarin. Banyak yang merekomendasikan kuret. Tapi saya sama kayak mba, penuh keyakinan dan banyak cari informasi bahwa tanpa kuret pun tubuh kita sendiri dengan perawatan di rumah bisa sembuh dengan sendirinya.

    Saya konsumsi air kelapa muda setiap hari selama 1 minggu penuh untuk membersihkan rahim secara alami.Karena saya keguguran di usia kandungan baru sekitar 5mingguan dan masih muda sekali.

    Pendarahan saya seperti mens biasa, semakin hari semakin sedikit. Dan tepat 2 minggu pendarahan pun berhenti. Bahkan 4 hari pasca keguguran itu saya sudah bisa beraktivitas kembali, tapi tetap menjaga kondisi badan untuk pemulihan seutuhnya.

    Tuhan sudah ciptakan tubuh kita dengan sempurna, termasuk tubuh bisa pulih dengan sendirinya jika memang kita tahu merawatnya.

    Dari pengalaman mba, membuat semangat untuk jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk kuret, apalagi usia kandungan masih sangat muda.

    Banyak belajar dari pengalaman orang lain merupakan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih mba 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak atas supportnya. Pengalaman mbak juga luar biasa...

      Hapus
  13. Pagi ka, terimakasih sudah share pengalamannya di sini, saya mau tanya kak, setelah keguguran, sempat cek test pack lagi gak kak? Ceritanya hampir mirip dengan saya, saya juga agak ketakutan ketika deger kata kuret jadi lagi mencari alternatif lain selain itu.

    BalasHapus
  14. Mashaa Allah mba,itu yg saya alami sekarang alhamdulillah saya dapet ilmu dari tulisan mba ratna

    BalasHapus
  15. Kak saya baru saja mengalami kguguran bulan lalu tepatnya tanggal 10 dan smpai tgl 6 kemarin sy masih pendarahan dan memutuskan untuk ke dokter untuk di usg,tpi dokter menyarankan untuk di kuret krna katanya masih ada sisa gumpalan darah,dan setelah saya diberi obat pendarahan saya berehenti,mnurut kk solusinya bgmna ? Terima kasih,bte saya hamil 6 minggu dan kguguran

    BalasHapus
  16. Terimakasih Mbak atas sharingnya. Senang sekali bacanya, seperti menemukan teman. Saya baru keguguran dan memutuskan tidak kuret karena kegugurannya juga muda.

    Kesamaan kita adalah konsumsi kunyit, kelapa muda, dan memiliki cara berfikir menganalisa orang2 dulu. Bahkan, saya interview orang-orang tua dulu yang keguguran dan tentu saja tidak kuret.

    Sangat menguatkan keputusan saya untuk tidak kuret di tengah derasnya omongan orang yang mengharuskan saya kuret dengan ditakut-takuti hihi

    BalasHapus
  17. mbak cerita mirip sma aq sekarang dan aq takut kiret... mbak ratna setelah keguguran itu apa minum obat sesuatu?

    BalasHapus
  18. Saya suka..terima kasih utk ilmunya. Sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  19. Kunyit asamnya takarannya brp banyak?? Bahannya apa ajah??

    BalasHapus
  20. Bahannya apa saja?? Brp bny takarannya??

    BalasHapus
  21. Boleh kah saya meminta nomor wa anda saya mau tanya lebih jelas tentang pengalaman anda keguguran anda.

    BalasHapus
  22. Kurang lebih sama seperti kasus saya mbak, Saya telat 1 minggu, terus perut melilit kemudian keluar darah seperti mens, kemudian flek hingga mens bulan berikutnya, dan ini 2 minggu setelah mens masih ngeflek cokelat, ada saran mbak??

    BalasHapus
  23. Hallo mba, tulisan mba yg berbagi pengalaman sedikit menenangkan. Saya juga mengalami kondisi seperti mba dan skrg masih mengalami pendarahan. Kantong janin sdh keluar dg utuh, tapi pendarahan blm berhenti. Saya khawatir ini gak berhenti2, tapi membaca tulisan mba, saya jadi ada perbandingan dan kemungkinan kesamaan dg apa yg mba alami. Saya mau mencoba cara alami yg mba lakukan dg kunyit asam itu. Terimakasih atas pengalaman yg mba bagi. Semoga Tuhan selalu memberi sehat utk kita

    BalasHapus
  24. Sore mba, saat ini sy hamil 6mgu dan flek usg dr. Daniel msh ada kntong kehamilan tapi kecil sekali kmungkinan gugur, lalu sy ke dokter k2 stlh flek hr ke5 hsl usg gugur. Sy mau tanya brapa usia mba saat keguguran 1, apa mempengaruhi ya jk sy ga kuret. Dr k2 menganjurkn sy kuret, tp sy tolak krn sy baca artikel mba. Ini sore sy akn ke dokter k3, sy bingung apa kuret ayo minum kunyit asam ajh sm ky mba. Btw usia sy skrng 41. Br mnikah 3 bln. Syukurnya di bln ke pernikahan sy hamil. Mohon infonya mba. Terima kasih

    BalasHapus
  25. Terima kasih telah berbagi
    Hampir sama dengan cerita sya

    BalasHapus
  26. Salam kenal mbak ratna...

    Saya mengalami seperti mbak ratna pada awal bulan april kemarin. Tanggl 2 harusnya saya mens, tetapi sampai hari ke enam tidak ada tanda-tanda mens. Hari itu juga saya tespek hasil garia dua sama.. hari ke delapan telat haid saya juga tespek hasilnya sama.. tapi harike 10 saya kayak keluar mens. Awalnya lendir flek seperti itu lalu siang perut terasa melilitt... Dan ada semacam gumpalan daging putih tapi pipih keluar.. besoknya saya periksa ke dokter katanya sih tidak terlihat kantung kehamilan..dan entahlah ini keguguran yg udah bersih atau bagaimana tapi sampai hari ini saya masih ada flek dikit-dikit.

    BalasHapus
  27. Maaf kak boleh tanya... saya keguguran 17 april kemaren dan memutuskan tdak kuret... sampe sekarang masih pendarahan? Apa kakak pengalaman seperti itu?

    BalasHapus
  28. Sy mengalami hal yg hampir mirip ... Sy telat mens selama 10 hari dan sy tespack sy hamil dan sy ke bidan untuk memastikan dan memang sy hamil usia kandunhan sekitar 3 minggu ... Besoknya sy berpergian menggunakan motor dan sy kaget di perjalanan keluar darah sepeeti darah mens tp berwarna coklat dan sedikit bergumpalan gitu ... Sy langsung ke bidan dan menanyakan itu dan benar sy mengalami keguguran ... Krn usia janin masih sgt muda sy tidak di anjurkan di kuret ... Hny di beri obat ... Setelah di beri obat sy di suruh 10 hari ke bidan lg untuk program kb dulu untuk mempersiapkan rahim sy supaya tidak keguguran lagi ... Yg sy anehkan kenapa darah keguguran biasanya lama tp sy malah spt darah mens 5 hari sudah bersih bhkn sy mengira sy merasa tidak hamil tp mungkin sy telat mens . Tp sy merasakan gejala hamil ... Untuk proses kuret sy tidak berani walaupun skrg sudah ada kuret di bius total jd tidak merasakan sakit tp sy tidak mau ... Sy takut apakah nanti sy bisa hamil lagi atau tidak ? Krn darah keguguran sy cuma sebentar seperti mens biasa .

    BalasHapus
  29. Merasakan sakit hebat tidak mb, karena istri sya sama prinsipnya dengan yg smean ceritakan, cuma sering mengalami sakit perut dan paha kadang muntah

    BalasHapus
  30. Terima kasih Kak infonya. Saya baru jga keguguran jadi baca informasi lebh lengkap dan bermanfaat. Dan selamat untuk kehadiran buah hatinya kak. Salam vinda

    BalasHapus
  31. Mbak,.boleh minta nomor wa nya? Mau minta ilmunya

    BalasHapus
  32. saya mengalami keguguran usia 3 bulan... semua janin dan kotoran menggumpal keluar tapi saya masih merasakan rasa sakit itu gmn ya kak...
    saya skr hanya konsum air kepala muda saja..
    apakah skr saya perlu kuret atau tidak?

    BalasHapus
  33. Terimakasih mbk,,, sangat bermanfaat, Smoga jd amal ibadahnya embak dgn membagikan pengalaman embak,,

    BalasHapus
  34. mbak cara bikin jamu kunyitnya gimana?

    BalasHapus
  35. mba saya juga baru mengalami keguguran uk 7week dan tidak dikuret cuama dikasih obat bledstoop. sudah diusg juga bersih katanya tapi masih keluar darah dikit2 sih kaya flek sudah 3 mingguan. sempet worry juga sih tapi pas liat postingan mba saya jdi rada lega sedikit ternyata ada temennya juga hehehe mudah2an darah saya cepet berhenti.

    BalasHapus
  36. Mau tanya mba bikin kunyit asamnya pake gula gak?? Saya juga lagi mngalami kgguran tapi tanpa kuret, krna jarak kuret pertama saya trlalu dekat....mkanya saya ambil kputusan tanpa kuret, dokter sudah mresepkan obat.....tapi sya pngen bnar2 bersih rahim saya.

    BalasHapus
  37. Makasih sharingnya, aq juga lagi mengalami hal yang sama

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum Mbak.. Mbak mau nanya, saya usia kehamilan 5 minggu keguguran, disuruh kuret. Saya gamau.
    Kalau minum jamu kunyit asam ini, selama 40 Hari ya minumnya Mbak?

    Alhamdulillah Mbak langsung Hamil lagi.. senang sekali saya dengarnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. 2 kali sehari, setiap kali minum minimal sebanyak 100 ml

      Hapus
  39. Berapa lama anda konsumsi kunyit asam pasca keguguran?

    BalasHapus
  40. Berapa lama anda konsumsi kunyit asam pasca keguguran?

    BalasHapus

Silakan meninggalkan komentar

Categories EDUCA

Statistics

Ratna Educa. Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tentang Penulis

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang yang suka belajar banyak hal, terutama tentang manusia dan kehidupannya. Karena setiap manusia itu memiliki keunikan dengan segala keterbatasannya. Dari situ kita bisa saling mengambil pelajaran, dan menghargai perbedaan.

Popular Posts