Rabu, 21 Februari 2018


Hallo educa...
Sudah pernah punya pengalaman menjadi seorang reviewer jurnal? Kalau belum, buruan gih daftar, hehehe. Sejak saya masuk dalam dunia pengelolaan jurnal, sedikit demi sedikit saya jadi tahu seluk beluk pengelolaan jurnal.

Apa tugas dari reviewer?

Salah satu hal yang berkaitan dengan jurnal adalah reviewer, atau biasa disebut sebagai mitra bestari. Lalu apakah tugas dari reviewer/mitra bestari? Tugas mereka adalah membantu mereview artikel yang dikirimkan kepada mereka dan memberikan masukan supaya artikel tersebut lebih baik lagi kontennya. Sampai pada akhirnya mereka memberikan rekomendasi artikel tersebut harus diterima atau harus ditolak.

Bagaimana cara mendaftar sebagai reviewer?

Menjadi seorang reviewer jurnal itu gak harus expert di bidang perjurnalan, yang penting daftar saja dulu. Karena di luar sana banyak sekali jurnal yang membutuhkan reviewer dari luar kampusnya. Mengapa demikian? Karena hal tersebut menjadi salah satu syarat untuk mengajukan akreditasi. Kebetulan kemarin saya dapat info dari teman tempat nongkrongnya jurnal-jurnal yang membutuhkan reviewer. Silakan bisa mendaftar melalui webnya Relawan Jurnal di sini.
Ada satu lagi bonus. Jika Anda seorang pengelola jurnal dan membutuhkan reviewer bisa juga mencarinya di sini.

Berapakah honor reviewer jurnal?

Waduh, pertanyaan sulit nih, hahaha. Sistem pengelolaan jurnal itu bermacam-macam. Seorang pengelola jurnal bisa mendapatkan honor dari artikel yang direview mulai dari 50 ribu per artikel (bisa kurang, bisa lebih). Tapi banyak pula jurnal yang tidak memberikan honor, tapi hanya memberikan SK atau sertifikat saja sebagai ucapan terima kasih.

Jangan berkecil hati dulu. Bahkan reviewer yang sudah terkenal saja dia rela tidak dibayar untuk itu. Yang penting ada SK saja sudah alhamdulillah. Karena nanti SK itu akan bermanfaat untuk pengajuan jabatan fungsional bagi dosen. Tentunya, menjadi seorang reviewer jurnal akan menambah pengalaman kita. Semakin kita ahli, semakin kita dicari. Make good your performance, the left will follow.

Wujud SK reviewer jurnal itu seperti apa?

Wujudnya bermacam-macam yaaa. Tapi berikut ini akan saya beri contoh SK reviewer yang dikeluarkan oleh jurnal yang saya kelola. Lampirannya bisa dilihat di sini.

Mungkin itu sedikit tentang reviewer jurnal. Sekarang gak usah ragu lagi menjadi reviewer jurnal yaa. Selamat mereview... Semoga bermanfaat...


1 komentar:

Silakan meninggalkan komentar

Categories EDUCA

Statistics

Ratna Educa. Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tentang Penulis

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah seorang yang suka belajar banyak hal, terutama tentang manusia dan kehidupannya. Karena setiap manusia itu memiliki keunikan dengan segala keterbatasannya. Dari situ kita bisa saling mengambil pelajaran, dan menghargai perbedaan.

Popular Posts